Malaysia Klaim Tari Pendet

Posted on: Agustus 24, 2009

Tari Pendet

tari-pendetdlm

Pemerintah Indonesia dan Malaysia  sebenarnya telah mempunyai perjanjian bilateral untuk menangani setiap sengketa yang timbul antara kedua belah pihak. Perjanjian ini dibuat tahun 2008, namun tidak tercatat secara formal.


“Ada perjanjian EPG (emanent person group yang dibuat antara pemerintah Indonesia dan Malaysia untuk merumuskan langkah-langkah jika terjadis engketa,” kata Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wacik, dalam jumpa pers di Kantornya, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (24/8/2009).

“Dalam perjanjian bilateral itu ada notulen dan hanya dicatat oleh notulennya saja,” imbuhnya.

Soal penayangan tari Pendet dalam iklan pariwisata Malaysia, menurut pria asal Bali tersebut, saat ini sudah ada beberapa pihak yang menyataan bersalah.

“Sudah ada yang minta maaf, dan mengaku bersalah terhadap penayangan iklan ini. Tetapi karena ini bukan dari pemerintah Malaysia langsung, jadinya tidak saya tanggapi. Nanti saja menunggu pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah Malaysia,” jelas Jero.

Memang siapa yang sudah mengaku bersalah? “Ada beberapa pihak. Tetapi tidak disebutkan di sini. Mungkin kalau di sini seperti production house,” jawabnya.

Malaysia, imbuhnya memang mengatakan, program iklan itu bukan pemerintah Malaysia yang membuat, tapi production house.

“Tapi apa pun itu mereka harus tetap bertanggung jawab, karena ini bukan kasus pertama kali. Kita sudah daftarkan wayang, keris dan nanti berikutnya batik. Agar tidak terjadi klaim-klaim seperti ini lagi,” pungkasnya.

sebagai generasi bangsa, Bagaimanakah  menurut anda sikap pemerintah terhadap peristiwa ini?.

Komen di bawah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s